Bisa! Buat Custom Subdomain Di Blogspot

Yes! Bisa! Itulah kata-kata pertama yang terucapkan saat saya berhasil membuat custom subdomain di Blogger (Blogspot). Sebelumnya saya pernah menuliskan kegalauan saya saat tidak bisa melakukan custom subdomain di Blogspot. Anda bisa membacanya pada artikel saya yang berjudul, tentang banyak subdomain di Blogger

Di tulisan tersebut, saya tulis semua uneg-uneg saya. Dari dulu, saya pengen sekali melakukan custom subdomain di Blogspot. Namun, sudah berbagai cara saya lakukan tapi tidak berhasil. Seperti yang sudah saya tuliskan diartikel sebelumnya, untuk membuat custom subdomain di Blogspot dari WordPress ke Blogspot, itu BISA! Saya dulu sudah berhasil melakukannya.

Nah, yang jadi dilema saya saat itu, ketika saya sudah memiliki domain di Blogspot dan ingin membuat blog baru dengan subdomain dari domain utama saya, apakah bisa dilakukan? Pada waktu itu, sudah berbagai cara saya lakukan. Saya buat custom subdomain di Blogspot untuk blog baru saya. Lalu di pengaturan DNS dari domain saya, saya tambahkan CName seperti ini:

Name: m
Target: ghs.google.com
TTL: 3600

Kalau seandainya berhasil, maka subdomain yang akan tercipta yaitu m.fadhly.net. Ketita saya simpan, dan saya coba akses berhasil sih diakses. Namun, sayangnya berdampak pada domain utama saya yaitu fadhly.net. Domain tersebut tidak terarah lagi ke www.fadhly.net.

Nah, hal tersebutlah yang membuat saya dilema. Mengapa bisa seperti itu. Seperti yang sudah pernah saya sebutkan, biasanya kalau kita melakukan custom domain ada tambahan CName unik. CName tersebutlah yang digunakan untuk memverifikasi domain kita. Domain fadhly.net sudah terverifikasi sebelumnya dengan CName. Nah, yang m.fadhly.net tidak ada CName uniknya. Makanya, hasilnya seperti diatas subdomain berdampak dan mengganggu domain utama. Simak juga, penyebab blog terasa lambat diakses

Tapi, untunglah. Setelah saya membaca artikel dari blog Juragancipir, yang membahas tentang menemukan CName yang hilang. Akhirnya saya menemukan CName unik yang hilang untuk subdomain m.fadhly.net di Google Webmaster Tools. Inilah CNamenya:

3. Custom Subdomain Blogspot

Kemudian, di DNS saya tambahkan lagi CName diatas. Dan hasilnya adalah Yes! Akhirnya saya bisa melakukan custom subdomain di Blogspot. Ketika saya lihat, di dalam dasbor antara fadhly.net ke www.fadhly.net tetap terarah. Inilah yang saya inginkan. Dan subdomain Blogspot saya terarah dengan baik ke m.fadhly.net. Lihat gambar ini:

2. Custom Subdomain Blogspot

Yohoo! Senangnya. Akhirnya masalah yang saya hadapi bisa terselesaikan. Beruntung juga menemukan artikel dari blog Juragancipir. Karena, saya belum puas. Saya cobalah mengecek apakah subdomain saya sudah benar-benar teredirect permanen ataukah belum. Pas saya cek, hasilnya seperti ini:

4. Custom Subdomain Blogspot

Nah, melihat gambar diatas sudah cukup membuktikan bahwa subdomain saya sekarang sudah benar-benar terarah ke m.fadhly.net. Lega rasanya. Hehehe.. Kalau anda mengunjungi blog m.fadhly.net maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

1. Blog M. Fadhly

Tampilannya sama dengan blog fadhly.net. Heheh.. tapi disana, saya hanya membahas mengenai panduan ngeblog saja. Sedangkan di blog fadhly.net saya membahas beragam-macam. Hahah.. serta, saya juga menunggu semua artikel blog fadhly.net terindeks di Google.

Sebab, pada awal bulan lalu sitemap Blogspot mengalami masalah. Dan beberapa artikel populer saya, turun posisi di Google. Dan ini juga berdampak ke trafik pengunjung. Untuk kronologisnya, anda bisa baca di ada apa dengan sitemap dan feed Blogger

Terima kasih! Karena, subdomain sudah tercipta, maka saya sekarang menulis di dua blog. Heheh..

Updated:

Fadhly

Like Facebook: Fadhly - Follow Twitter: @MF4dhli - Follow Instagram: @MF4dhli Oke! Terima kasih!

2 gagasan untuk “Bisa! Buat Custom Subdomain Di Blogspot

  • Desember 13, 2015 pukul 11:00 AM
    Permalink

    Hallo Mas Fadhly… apa kabar…
    Artikelnya sangat menarik…
    Apakah ini sama jikan dilakukan melalui freenom…
    Terima kasih 😀

    Balas
  • Desember 13, 2015 pukul 11:04 AM
    Permalink

    Baik mas. Heheh
    Asal punya manage DNS, caranya sama mas. 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.