Pilih Jurusan Teknik Informatika Atau Sistem Informasi?

Sabtu, 6 Agustus 2011. Sebuah pertanyaan simpel yang dapat membuat saya bingung untuk memilih mana yang terbaik dan mana yang paling cocok untuk saya. Jujur saja, dari SMP sampai lulus SMK saya sangat suka dengan yang namanya komputer dan internet. Nah, setelah lulus dari SMK saya berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pada awalnya saya sih tidak sebingung ini, ketika mendaftar disalah satu perguruan tinggi negeri yang ada di daerah saya, tanpa pikir panjang saya memilih jurusan Teknik Informatika (TI) sedangkan alternatifnya adalah jurusan Sistem Informasi (SI). Lihat juga, memilih judul PKL

Setelah mengikuti tes tersebut ternyata saya tidak lulus. Lalu saya mencoba mendaftar di perguruan tinggi swasta. Disinilah kebingungan mulai melanda saya. Saya harus menentukan 1 pilihan dari kedua jurusan tersebut. Teknik Informatika atau Sistem Informasi? Entahlah saya bingung sekali dalam hal memilih jurusan yang tepat. Saya juga tidak tau letak perbedaannya dimana, antara jurusan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi. Kata teman saya:

Jurusan Teknik Informatika itu sangat berat. Kamu harus pandai menggunakan logikamu. Dalam hal ini kamu harus menyukai pelajaran matematika. Algoritma adalah makanan kamu sehari-hari. Apabila kamu tidak menyukai pelajaran matematika sebaiknya jangan memilih jurusan Teknik Informatika

Dan saudara saya pun juga mengatakan hal demikian. Saya disarankan untuk memilih jurusan Sistem Informasi saja. Sebab katanya jurusan Sistem Informasi itu lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia bisnis dan manajemen. Dan kata orang-orang juga jurusan Sistem Informasi itu lebih ke pemograman.

Kalau ditanya saat ini saya mau memilih jurusan yang mana, saya memilih jurusan Sistem Informasi. Mengapa? Sebab, saya sudah memikirkannya matang-matang. Jujur saja dari dulu saya tidak begitu suka dengan pelajaran matematika. Berhubung Teknik Informatika itu menurut pengamatan saya juga cukup berat. Akhirnya saya memilih jurusan Sistem Informasi. Saya juga suka dengan program-program komputer apalagi sudah mencakup dengan dunia bisnis. Impian yang selalu saya dambakan dari dulu adalah semoga saya nantinya dapat menjadi salah seorang mahasiswa yang berprestasi dan sukses. Dan dapat membahagiakan kedua orang tua saya. Amin 🙂

Buat teman-teman yang juga merasa bingung mau memilih jurusan mana, semoga apa yang saya tulis ini dapat sedikit membantu menentukan mana jurusan yang paling tepat untuk teman-teman semua. Namun, jika dilihat-lihat jurusan Teknik Informatika itu tak seburuk apa yang dibayangkan. Tergantung sama pribadi kita masing-masing bisa/tidak menjalankannya. Semua pilihan tergantung di tangan kita. ^^

Updated:

Fadhly

Like Facebook: Fadhly - Follow Twitter: @MF4dhli - Follow Instagram: @MF4dhli Oke! Terima kasih!

28 gagasan untuk “Pilih Jurusan Teknik Informatika Atau Sistem Informasi?

  • Juli 11, 2013 pukul 4:48 PM
    Permalink

    Ane dulu nya minat ke teknologi informatika namun setelah dipikir-pikir ditambah aku nya lebih condong suka dunia bisnis. Jadinya lebih prefer ke sistem informasi ditambah aku nya alumni smk kejuruan RPL hehehe.

    Balas
  • Juli 11, 2013 pukul 4:50 PM
    Permalink

    Memang sistem informasi lebih mengarah ke dunia bisnis. Orang yang suka tentang akuntansi pasti akan menyukainya. Kalau teknik informatika, lebih mengarah kepada masalah teknik. 🙂

    Balas
  • Juli 25, 2013 pukul 10:26 AM
    Permalink

    gan.. thanks atas sarannya… mudah2an program SI yg saya ambil menjadi lebih bermanfaat dan berguna di masyarakat… awalnya saya memilih untuk masuk teknik informatika. setelah saya pikir-pikir dan saya amati. saya lebih tertarik dengan program system informasi.. terima kasih ya M.Fadhly

    Balas
  • Juli 25, 2013 pukul 10:27 AM
    Permalink

    Sama2.. 🙂
    Good luck ya…

    Balas
  • Juli 30, 2013 pukul 3:43 PM
    Permalink

    sarjana sistem informasi itu nanti nya kerja apa? mohon balasannya 🙂

    Balas
  • Juli 31, 2013 pukul 10:13 AM
    Permalink

    materi kuliah jurusan SI itu seperti apa ?

    Balas
  • Juli 31, 2013 pukul 10:16 AM
    Permalink

    Materinya tergantung pada fakultasnya. Tapi, ada kemiripan juga materinya dengan universitas lain. 🙂

    Balas
  • Agustus 27, 2013 pukul 5:48 PM
    Permalink

    Terimakasih Mas Fadhly atas sharingnya. Alhamdulillah saya semakin mantap pada apa yang telah saya jalani saat ini, yaitu pada disiplin ilmu SIstem Informasi yang saat ini saya pelajari. Semoga apa yang kita pelajari mendapat keberkahan dan keridhoan dari Allah… serta bermanfaat dan berguna untuk masa depan kita dan masa depan semua ciptaan_Nya. Sehingga kita semua merasakan kebahagian atas apa yang telah kita jalani dalam kehidupan yang telah diberikan oleh_Nya kepada kita semua… Aamiin yaa Robbal'alamin.. 🙂

    Balas
  • Agustus 27, 2013 pukul 6:37 PM
    Permalink

    Amiin.. 😀
    Semoga kita semua mencapai kesuksesan. 🙂

    Balas
  • September 13, 2013 pukul 7:15 AM
    Permalink

    terima kasih mas Fadhly atas informasinya

    Balas
  • September 13, 2013 pukul 7:16 AM
    Permalink

    Sama2.. 🙂

    Balas
  • September 16, 2013 pukul 8:04 PM
    Permalink

    dua duanya sama-sama susah bro..
    harus belajar logika maupun algoritma..
    mau jadi programer tapi tidak mau belajar logika ataupun algoritma.. sama saja omongkosong..

    Balas
  • November 15, 2013 pukul 2:57 PM
    Permalink

    Thank's gan infonya !!!

    Balas
  • Februari 1, 2014 pukul 5:51 PM
    Permalink

    kegalauan kita sama bung, saya nggak bisa bedain secara lbih detail apa itu TI dan SI, tpi setelah dipikir2 SI lbih menarik buat saya, apalagi ini bisa diterapkan ke dunia bisnis yang tentu juga udah didikan orang tua saya.. dengan Baca Blog ini saya semakin yakin dengan pilihan saya, doa in aja kawan smoga bisa lulus SNMPTN 2014.. Amin..

    Balas
  • Februari 1, 2014 pukul 5:51 PM
    Permalink

    thkz gan buat infonya.. ane skrg lbih yakin dgn pilihan ane skrg

    Balas
  • Februari 24, 2014 pukul 8:09 AM
    Permalink

    SI selalu di hati… 🙂 🙂
    amin ya robbal alamin..semoga kita sukses.. 🙂

    Balas
  • Februari 24, 2014 pukul 8:09 AM
    Permalink

    mudah-mudahan ada mahasiswa dari kedua jurusan diatas ada yang mau berbagi cerita tentang pengalaman mereka…

    Balas
  • April 25, 2014 pukul 1:19 PM
    Permalink

    Klo manajemen informatika sama sistem informasi sama ga??

    Balas
  • Mei 27, 2014 pukul 9:30 PM
    Permalink

    sma, nama lain Sistem Informasi kan Manajemen Informatika

    Balas
  • Mei 27, 2014 pukul 9:30 PM
    Permalink

    sama kok, nama lain SI itu kan Manajemen Informatika

    Balas
  • Agustus 3, 2014 pukul 12:44 AM
    Permalink

    Terimakasih gan atas pencerahannya 🙂 Salam Sukses (y)

    Balas
  • September 12, 2014 pukul 8:52 PM
    Permalink

    thankss bro
    sangat membantu 🙂

    Balas
  • Oktober 31, 2014 pukul 9:30 AM
    Permalink

    pasti byk yg mau komen, tp sayang harus punya akun "Comment as … ", ga boleh anonim , name/url yah.
    Aku pilih TI karena ga pandai di sistem.. and I still comfort in my zone… Menurutku SI malah lebih susah x_X

    Balas
  • Juli 1, 2015 pukul 9:58 AM
    Permalink

    Klo sistem informasi akredit nya msih C tp klo teknik informatika akrediy ny B klo mnurut agan akredit tu pnting gk sih??

    Balas
  • Juli 1, 2015 pukul 10:03 AM
    Permalink

    Penting, kalau melamar kerja di perusahaan besar, contohnya seperti di Bank mereka menentukan minimal akreditasinya. Apa lagi kalau akreditasi sudah diakui oleh BAN-PT,

    Balas
  • September 11, 2015 pukul 2:36 PM
    Permalink

    trima kasih ..
    jadi mantap deh sama pilihan saya… sistem informasi…

    (TEKNOKRAT LAMPUNG)

    Balas
  • Desember 31, 2015 pukul 5:50 PM
    Permalink

    Materi di jurusan SI apa aja ya gan? Ada pelajaran MTK nya ga? Susah apa ngga ya. Saya ga ngerti hehe. Mohon penjelasan nya ya . #thanks

    Balas
  • Desember 31, 2015 pukul 5:51 PM
    Permalink

    Kalau saya dulu ada, matematika diskrit, kalkulus namanya. Tapi, pelajarannya gak terlalu mendalam.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.